RPP 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMA . . .. .. . . . . .. . .
Kelas : X
Semester : Genap
Program : IPS
Mata Pelajaran : sosiologi
Jumlah Pertemuan : 3 x pertemuan

A. Standar Kompetensi
Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.
B. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan nilai dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat.
C. Indikator
• Menjelaskan pengertain nilai dan norma sosial.
• Mengidentifikasi nilai dan norma.
• Mengklasifikasi kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
• Membedakan nilai dan norma.
• Memberikan contoh peran nilai dan norma dalam masyarakat.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertain nilai dan norma sosial.
2. Mengidentifikasi nilai dan norma.
3. Mengklasifikasi kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
4. Membedakan nilai dan norma.
5. Memberikan contoh peran nilai dan norma dalam masyarakat.

E. Materi Ajar
1. Pengertian Nilai Sosial.
pengertian nilai sosial adalah penghargaan yang diberikan masyarakat terhadap sesuatu yang dianggap baik, luhur, pantas dan mempunyai daya guna fungsional bagi masyarakat
2. Ciri-ciri Nilai Sosial.
Nilai sosial mempunyai ciri sebagai berikut :
a. Merupakan hasil interaksi sosial antarwarga masyarakat.
b. Nukan bawaan sejak lahir melainkan penularan dari orang lain.
c. Terbentuknya melalui proses belajar ( sosialisasi )
d. Merupakan bagian dari usaha pemenuhan kebutuhan dan kepuasan sosial manusia.
e. Bervariasi antara kebudayaan yang satu dengan kebudayaan yang lain.
F. Alokasi Waktu
Alokasi waktu yang digunakan untuk 1 X pertemuan 2 X 45 menit ( 2 jp)
G. Model Pembelajaran
Menggunakan model pembelajaran example non example
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Kegiatan Pendahuluan
Motivasi :
Guru memulai pelajaran dengan menanyakan siswa yang tidak hadir beserta alasanya.
– Guru menyampaikan indicator dan tujuan pembelajaran.
– Pengetahuan prasyarat :
– Rambu-rambu belajar : siswa secara aktif mengkaji materi nilai soaial, guru mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan sesuai indicator yang ada.
2. kegiatan Inti
Eksplorasi
– siswa dengan rasa tanggungjawab mendengarkan penjelasan dari guru tentang pengertian dan ciri-ciri nilai sosial.
Elaborasi
– Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, lalu dengan bekerjasama mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan dua gambar yang disediakan guru.
– Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru membuat kesimpulan.
Konfrimasi
– Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya berkaitan dengan materi nilai social..
– Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pengalaman belajar atau kesulitan / kendala dalam pembuatan / penyususnan tugas.
3. Kegiatan Penutup
Post test : Guru menyiapkan 3 pertanyaan sebagai umpan balik kepada siswa

Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan
Motivasi :
Guru memulai pelajaran dengan menanyakan siswa yang tidak hadir beserta alasanya.
– Guru menyampaikan indicator dan tujuan pembelajaran.
– Pengetahuan prasyarat :
– Rambu-rambu belajar : siswa secara aktif mengkaji materi norma sosial, guru mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan sesuai indicator yang ada.
2. kegiatan Inti
Eksplorasi
– siswa dengan rasa tanggungjawab mendengarkan penjelasan dari guru tentang pengertian dan ciri-ciri norma sosial.
Elaborasi
– Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, lalu dengan bekerjasama mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan dua gambar yang disediakan guru.
– Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru membuat kesimpulan.
Konfrimasi
– Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya berkaitan dengan materi norma.
– Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pengalaman belajar atau kesulitan / kendala dalam pembuatan / penyususnan tugas.
3. Kegiatan Penutup
Post test : Guru menyiapkan 3 pertanyaan sebagai umpan balik kepada siswa
Pertemuan 3
1. Kegiatan Awal
• Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi nilai dan norma social yang telah diajarkan
2. Kegiatan Inti (115’)
• Eksplorasi
– Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
– Guru membagikan kartu soal kepada masing-masing kelompok, masing-masing kelompok mendapatkan tugas untuk membuat performans tentang contoh nilai dan norma social.
• Elaborasi
– Secara bergantian tiap-tiap kelompok menampilkan performans tentang contoh nilai dan norma social.
– Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap performans dari suatu kelompok
• Konfirmasi
– Guru memberikan tanggapan terhadap presentasi dari siswa
– Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
3. Kegiatan Akhir (10’)
• Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang materinilai dan norma social.
• Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran.

I. Metode Pengajaran
• Ceramah bervariasi.
• Diskusi .
• Penugasan.
• Examples Non Examples.
• Make a Match

J. Sumber, Bahan Dan Alat Belajar
o Sosiologi 1, KBK, Tim Sosiologi, Yudhistira
o Sosiologi SMA Kls I, Kun Maryati, ESIS
o Kamus Sosiologi.
o Masyarakat setempat.
o Media massa dan elektronik.
o LCD

Mengetahui Ungaran,
Kepala SMA Negeri 2 Ungaran Guru Mata Pelajaran

Dra. Andika R.A. M.M. M. Taufiq S.pd.
NIP 195912051985032006 NIP195912053985032007

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: